Persiapan Menyambut Bulan Ramadan

By ahlulquran on April 4, 2021 in Education


Tidak terasa sebentar lagi kita akan kedatangan tamu agung yaitu bulan Ramadan. Setelah sekian lama berpisah, kini Ramadan kembali akan hadir di tengah-tengah kita. Ramadan merupakan bulan penuh rahmat yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di Dunia.

Bagi seorang muslim, kedatangan Ramadan tentu akan disambut dengan rasa gembira dan penuh syukur, karena Ramadan merupakan bulan maghfirah, rahmat, menuai pahala dan sarana menjadi orang yang bertaqwa.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita melakukan persiapan diri untuk menyambut kedatangan bulan yang penuh dengan keberkahan, agar Ramadan kali ini benar-benar memiliki nilai yang tinggi dan dapat mengantarkan kita menjadi orang yang bertaqwa.

Nah, apa saja yang perlu disiapkan untuk menyambut bulan Ramadan di tahun ini? Berikut 4 hal yang perlu kita persiapkan.

  1. Persiapan Ruhiyah

    Niat ikhlas karena Allah SWT merupakan hal yang utama disetiap amalan yang dilakukan. Terlebih lagi jika kita berpuasa dibulan Ramadan ini karena iman dan ikhlas, maka dosa yang telah lalu Insya Allah akan diampuni.

    Sesuai Hadits Nabi Muhammad SAW :

    مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

    “Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan mengharap perhitungan (pahala) akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (Muttafaq ‘Alaih)

  2. Persiapan Ilmu

    Selain niat yang ikhlas, setiap ibadah yang dilakukan harus didasari dengan ilmu, maka sebelum Ramadan tiba sebaiknya kita telah membekali diri dengan ilmu agama terutama yang terkait secara langsung dengan ibadah-ibadah di bulan Ramadan. Karena dengan ilmu yang kita miliki membuat ibadah kita jadi lebih bermakna.

  3. Persiapan Fisik

    Ditengah kondisi pandemi ini, fisik dan kesehatan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Oleh karena nya kita harus menjaga kesehatan, agar saat menjalani setiap ibadah nanti dalam kondisi yang prima.

  4. Persiapan Harta

    Salah satu keutamaan bulan Ramadan adalah dilipatkan gandakan setiap amal kebaikan. Termasuk amal yang berkaitan dengan harta, seperti Zakat, Infaq, dan Wakaf.
    Rasulullah SAW mencontohkan, beliau orang paling dermawan dan lebih dermawan lagi saat berada di bulan Ramadan.

Itulah 4 hal yang sekiranya mesti kita siapkan dalam rangka menyambut bulan Ramadan.

Semoga Allah SWT memudahkan kita dalam mempersiapkannya, agar tahun ini menjadi Ramadan terbaik bagi kita semua.

Allahumma balighna ramadan

Laznas AQL
“Bersih Harta, Bersih Jiwa”






Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *