Zakat-Maal (harta)

By ahlulquran on May 7, 2021 in Zakat

Zakat-Maal (harta)

Zakat maal adalah zakat harta benda. Artinya, zakat yang berfungsi menyucikan harta benda. Zakat maal telah diwajibkan oleh Allah Swt. Sejak permulaan islam, sebelum Nabi Saw hijrah ke madinah. Oleh karena itu, ibadah zakat menjadi perhatian utama islam.

Pada awalnya, zakat diwajibkan tanpa ada ketentuan kadar dan jenis hartanya. Hal ini berlangsung hingga tahun ke-2 hijrah. Pada tahun itulah baru kemudian syara’ menetapkan jenis harta yang wajib dizakati serta kadarnya masing-masing. Namun, mustahiq pada saat itu hanya dua golongan, yaitu fakir dan miskin. Firman Allah dalam QS Al-Baqarah (2): 271 yang diwahyukan pada tahun ke-2 hijrah :

Sesuatu dapat disebut maal (harta/kekayaan) apabila memenuhi dua syarat, yaitu :

  1. Dapat dimiliki/disimpan/dihimpun/dikuasai
  2. Dapat diambil manfaatnya sesuai dengan galibnya, misalnya : rumah mobil, hasil ternak, emas, perak, dsb

Oleh karena itu, yang termasuk zakat mal, yaitu meliputi :

  1. Emas, perak dan logam mulia lainnya
  2. Uang dan surat berharga lainnya
  3. Perniagaan
  4. Pertanian, perkebunan, dan kehutanan
  5. Peternakan dan perikanan
  6. Pertambangan
  7. Perindustrian
  8. Pendapatan dan jasa
  9. Rikaz ( harta temuan )

Umat islam yang hidup di zaman modern ini mungkin memiliki komposisi harta benda yang agak berbeda pada objek-objek zakat di atas. Meskipun demikian, harta benda berikut harus diikutkan dalam perhitungan zakat, misalnya :

  1. Uang tunai atau yang setara dengan uang tunai. Seperti, deposito, traveler check, promissory notes, dsb
  2. Dana pension dan bagi hasil karyawan
  3. Stok barang dagangan
  4. Piutang
  5. Pendapatan sewa
  6. Real estate (yang dibisnikan)
  7. Keuntungan yang tak terduga
  8. Paten, merek dagang

Zakat mal merupakan harta yang dimiliki oleh muzaki perorangan atau badan usaha. Badan usaha adalah badan usaha yang dimiliki umat islam yang meliputi badan usaha yang tidak berbadan hukum. Seperti, firma dan yang berbadan hokum, seperti perseroan terbatas.

Ingin Menunaikan Zakat Maal bisa melalui Laznas AQL dengan klik https://zakat.laznasaql.org/

Lika-Liku Relawan Laznas AQL Salurkan KAROMAH untuk Korban Gempa di Lumajang

By ahlulquran on April 20, 2021 in Berita

AQL Peduli, Lumajang – Laznas AQL menyalurkan bantuan Kado Ramadhan Berkah (KAROMAH) untuk korban gempa Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (17/4). Paket tersebut berisi bahan makanan untuk sahur dan buka puasa bagi korban. Selain itu, Laznas AQL memberikan 12 kardus kurma untuk menemani buka puasa para korban bencana.

“Kado Ramadan Berkah” merupakan paket sembako kepada dhuafa, anak yatim, pejuang dakwah dan masyarakat pascabencana. Paket tersebut diharapkan dapat membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup saat Ramadhan.

Menjalani hari di lokasi bencana bukan perkara mudah. Relawan Laznas AQL harus melawan terik matahari yang menembus ubun saat menyambangi para korban. Jalanan tak seperti aspal metropolitan, hanya berlapis bebatuan, itu pun kalua ada. Banyak jalanan masih tak beralas apa-apa. Lumpur memenuhi kaki saat hujan datang.

Tenaga terkuras, keringat mengalir, lelah menjelma dalam helaan nafas, langkah kaki tertatih dengan paket KAROMA di pundak. Namun begitu, relawan memiliki antusiasme tinggi. Enggan mengeluh meski berpeluh. Ada banyak kebaikan menanti di depan mata. Terlebih Ramadhan menjanjikan pahala berlipat ganda.

Di sisi korban pun demikian. Mereka lebih menderita. Entah berapa hari lagi mereka menjalani hari tak menentu. Menjalankan ibadah puasa membutuhkan perjuangan berlipat dibanding orang yang berada di daerah normal. Trauma sering datang tiba-tiba. Hujan membawa ketakutan akan longsor. Kala malam tiba, korban diterpa ketakutan akan gempa susulan.

“Kita tidur di luar rumah mas. Mau ke pengungsian, bagaimana nanti barang-barang berharga yang belum diselamatkan,” kata Pak Rosidin, salah satu korban gempa di Lumajang, Jawa Timur.

kondisi itu tentu sangat tidak bersahabat. Aktivitas mencari nafkah untuk keluarga pun terhambat. “Masih fokus bersiin reruntuhan rumah,” kata Pak Rosidin saat menjelaskan alasan belum berkativitas mencari nafkah untuk keluarganya.

Pak Rosidin tinggal Bersama empat keluarganya. Beban di pundaknya kian bertambah. Selain pandemi Covid-19 yang menghambat aktivitas ekonomi, dia harus memberikan ketenangan kepada keluarganya. Rumahnya pun rata dengan tanah. Roboh. Tak bisa direnovasi, harus dihancurkan lalu dibangun kembali.

Kondisi itu membuat Pak Rosidin sangat bersyukur saat mendapat paket KAROMA dari Laznas AQL. “Tak bisa dibahasakan lagi, kami doakan yang terbaik untuk kebaikan mas,” ucap dia lirih.

Kondisi demikian tak hanya dialami Pak Rosidin. Ada ribuan korban rumahnya sudah roboh. Mereka bertahan di tenda pengungsian, dan ada pula yang mendirikan tenda di bekas rumah mereka.

Penyaluran Fasilitas Ibadah untuk Masjid

By ahlulquran on April 9, 2021 in Berita

                Semua umat muslim di dunia tengah mempersiapkan datangnya bulan ramadan. Tak hanya yang sifat nya pribadi, tempat ibadah sebagai sarana juga harus disiapkan sebelum digunakan beribadah saat ramadan nanti. Laznas AQL melalui program berbagi perlengkapan ibadah hadir untuk membantu menyedikan sarana & fasilitas ibadah untuk masjid, seperti karpet, sarung, mukena, pembatas sholat, dll.

Alhamdulillah salah satu yang telah merasakan manfaat dari program ini adalah Masjid AQL Islamic Center yang berada di Tebet, Jakarta Selatan.

Laznas AQL memberikan beberapa fasilitas  penunjang untuk kenyamanan jamaah masjid berupa sandal wudu, kursi lipat, diffuser, sarung, Mukena,  dan pembatas sholat.

Dengan adanya fasilitas tersebut diharapkan bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi para jamaah masjid sehingga ibadahnya di bulan ramadan menjadi lebih khusyu  dan nyaman.

Kajian Zakat : “Ramadan Sudah Dekat, Siapa Cepat Dia Berzakat”

By ahlulquran on April 9, 2021 in Berita

Laznas AQL News– Laznas AQL masih tetap istiqomah memberikan edukasi dan informasi seputar Zakat, Infaq & Sedekah, melalui Kajian Zakat yang diadakan di setiap bulannya. Kajian yang ketiga di Bulan Maret ini mengambil tema “Ramadhan Sudah Dekat, Siapa Cepat Dia Berzakat” dengan menghadirkan pemateri Mamah Dedeh. Tema ini diambil dalam rangka tarhib ramadan, yang mana bulan yang ditunggu-tunggu tersebut akan segera tiba.

Mamah Dedeh di dalam  ceramahnya menyampaikan apa saja yang perlu disiapkan dalam menghadapai bulan ramadan salah satunya persiapan harta agar dapat berzakat dan berinfaq secara maksimal di bulan ramadan

“Jangan pernah menunda waktu pengeluaran zakat, ketika sudah datang tempo waktunya maka kita harus segera mengeluarkannya sebelum syaithan menggoda hati kita. dan berzakatlah di lembaga amil zakat untuk terwujudnya kesejahteraan umat. ” ungkap Mama Dedeh dalam kajian

Dengan adanya kajian ini, Laznas AQL berharap dapat mengedukasi masyarakat mengenai zakat, terlebih lagi dibulan ramadan nanti zakat adalah satu ibadah wajib yang harus ditunaikan, khususnya zakat fitrah.

Anak Asuh Penghafal Qur’an melaksanakan Wisuda Khataman 30 Juz

By ahlulquran on April 9, 2021 in Uncategorized

Laznas AQL News – Alhamdulillah sebanyak 15 anak asuh penghafal qur’an yang telah menyelesaikan hafalan 30 Juz melakukan wisuda khataman di AQC, Mega Mendung, Jawa Barat. Semua santri tersebut merupakan santri AQC angkatan ke-8 program kaderisasi Imam dan Muhaffizh.  Acara ini turut dihadiri oleh KH. Bachtiar Nasir sebagai pendiri pesantren untuk memberikan tausyiah.

Dalam tausiahnya, beliau menekankan kepada santri agar tetap berusaha keras menjaga hafalannya hingga akhir hayat. “Saat ini, kalian baru pada tahap awal, yaitu mengkhatamkan setoran hafalan, langkah berikutnya adalah menjaga dan me-mutqinkan-nya sampai pada tingkat implementasi ayat-ayat Al-Qur’an dalam setiap lini kehidupan” Tegas beliau penuh semangat.

Ustadz Iswahyudi, selaku pimpinan Yayasan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Laznas AQL dan kepada orangtua asuh penghafal qu’ran yang selama ini telah mendukung penuh kegiatan di Pesantren AQC.

Laznas AQL juga memberikat plakat dan juga bingkisan sebagai apresiasi kepada seluruh santri, karena telah berhasil menyelesaikan hafalan 30 Juz. Insya Allah melalui dukungan yang terus menerus dari para orangtua asuh, akan melahirkan banyak generasi Penghafal Qur’an.

Zakat Produktif untuk Mengembangkan Ekonomi Pesantren

By ahlulquran on April 9, 2021 in Uncategorized

Laznas AQL News – Pesantren AQC merupakan pesantren full beasiswa untuk para santri yang ingin belajar ilmu agama serta menjadi hafidz qur’an. Selain menuntut ilmu para santri juga diajarkan kewirausahaan dengan memproduksi beberapa makanan, minuman dan bahan baku untuk bisa dijual. Namun karena terbatasnya modal usaha menyebabkan menjadi kurang maksimal dalam pemanfaatan produksi.

Laznas AQL melalui program Berkah Zakat hadir menyalurkan dana zakat yang bersifat produktif untuk mengembangkan usaha agar menjadi lebih besar pendayagunaannya. Alhamdulillah kini AQC sudah mempunyai koperasi yang menjadi sarana dalam melakukan aktivitas usaha. Diresmikan langsung oleh Pimpinan AQL Islamic Center yaitu KH. Bachtiar Nasir.

“Insya Allah dengan pemberdayaan ini, punya dampak dunia dan akhirat, selain dampak sosial juga ekonomi, untuk itu bergabung dalam program berkah zakat agar semakin berkembang dan banyak penerima manfaatnya” Ungkap KH. Bachtiar Nasir

Melalui bantuan dari dana zakat ini, Laznas AQL berharap dapat menumbuhkan kemandirian para santri serta meningkatkan ekonomi pesantren dan warga sekitar.

Persiapan Menyambut Bulan Ramadan

By ahlulquran on April 4, 2021 in Education


Tidak terasa sebentar lagi kita akan kedatangan tamu agung yaitu bulan Ramadan. Setelah sekian lama berpisah, kini Ramadan kembali akan hadir di tengah-tengah kita. Ramadan merupakan bulan penuh rahmat yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di Dunia.

Bagi seorang muslim, kedatangan Ramadan tentu akan disambut dengan rasa gembira dan penuh syukur, karena Ramadan merupakan bulan maghfirah, rahmat, menuai pahala dan sarana menjadi orang yang bertaqwa.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita melakukan persiapan diri untuk menyambut kedatangan bulan yang penuh dengan keberkahan, agar Ramadan kali ini benar-benar memiliki nilai yang tinggi dan dapat mengantarkan kita menjadi orang yang bertaqwa.

Nah, apa saja yang perlu disiapkan untuk menyambut bulan Ramadan di tahun ini? Berikut 4 hal yang perlu kita persiapkan.

  1. Persiapan Ruhiyah

    Niat ikhlas karena Allah SWT merupakan hal yang utama disetiap amalan yang dilakukan. Terlebih lagi jika kita berpuasa dibulan Ramadan ini karena iman dan ikhlas, maka dosa yang telah lalu Insya Allah akan diampuni.

    Sesuai Hadits Nabi Muhammad SAW :

    مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

    “Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan mengharap perhitungan (pahala) akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (Muttafaq ‘Alaih)

  2. Persiapan Ilmu

    Selain niat yang ikhlas, setiap ibadah yang dilakukan harus didasari dengan ilmu, maka sebelum Ramadan tiba sebaiknya kita telah membekali diri dengan ilmu agama terutama yang terkait secara langsung dengan ibadah-ibadah di bulan Ramadan. Karena dengan ilmu yang kita miliki membuat ibadah kita jadi lebih bermakna.

  3. Persiapan Fisik

    Ditengah kondisi pandemi ini, fisik dan kesehatan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Oleh karena nya kita harus menjaga kesehatan, agar saat menjalani setiap ibadah nanti dalam kondisi yang prima.

  4. Persiapan Harta

    Salah satu keutamaan bulan Ramadan adalah dilipatkan gandakan setiap amal kebaikan. Termasuk amal yang berkaitan dengan harta, seperti Zakat, Infaq, dan Wakaf.
    Rasulullah SAW mencontohkan, beliau orang paling dermawan dan lebih dermawan lagi saat berada di bulan Ramadan.

Itulah 4 hal yang sekiranya mesti kita siapkan dalam rangka menyambut bulan Ramadan.

Semoga Allah SWT memudahkan kita dalam mempersiapkannya, agar tahun ini menjadi Ramadan terbaik bagi kita semua.

Allahumma balighna ramadan

Laznas AQL
“Bersih Harta, Bersih Jiwa”






Kerja Sama Program Pasca Bencana dengan Baitulmal Masjid Nurul Iman

By ahlulquran on March 6, 2021 in Berita

Indonesia beberapa bulan lalu telah terjadi berbagai macam bencana di berbagai daerah, seperti gempa bumi di Sulawesi Barat, banjir di Kalimantan Selatan, dll.

Laznas AQL melakukan kerjasama dengan Baitulmal Masjid Nurul Iman melalui program Berbagi Pelengkapan Ibadah dan Sedekah Beras untuk korban pasca bencana.

Baitulmal Masjid Nurul Iman (BMNI) menyerahkan bantuan untuk kedua program tersebut berupa uang tunai dan perlengkapan ibadah

Program ini bertujuan sebagai salah satu upaya pemulihan pasca bencana. Karena pada umumnya banyak yang terlupakan ketika sudah melewati masa tanggap darurat bencana.

Kami berharap dengan adanya program ini bisa membantu meringankan beban
para warga korban bencana.

Kajian Zakat : Keluarga Hebat, Keluarga Zakat

By ahlulquran on March 6, 2021 in Berita

Laznas AQL News – Laznas AQL kembali mengadakan kajian rutin “Harta, Zakat, Umat” pada Sabtu, 20 Februari 2021 secara daring dengan tema “Keluarga Hebat, Keluarga Zakat”.

Kajian ini diisi oleh pemateri diantara nya Ustadz Wijayanto dan Iphho Santosa serta dipandu oleh moderator Sabil Zaidan. Selama kurang lebih 2 setengah jam, acara ini berlangsung melalui kanal youtube AQL Islamic Center dan Laznas AQL.

Pemateri Ippho Santosa membawakan materi seputar konsep harta dan rezeki serta keajaiban sedekah, infaq dan zakat. Sedangkan Ustadz Wijayanto memaparkan beberapa dalil syariah nya dan kaitannya dengan keluarga.

Kajian ini merupakan kajian ketiga yang telah dilaksanakan oleh Laznas AQL berkerjasama dengan AQL Network dan AQL Organizer.

“Diantara rukun islam adalah bagaimana kita berzakat, mari kita sempurnakan, dan alhamdulillah hadir lembaga zakat di AQL ini supaya tepat sasaran dan terjadi pemerataan, maka percayakan pada AQL untuk zakat, infak dan sedekah kita, insya Allah lebih amanah dan menjaga hati kita” Ungkap Ustadz Wijayanto dalam kajian.

Dengan adanya kajian ini, Laznas AQL berharap bisa terus mengedukasi masyarakat mengenai zakat, sehingga literasi masyarakat tentang zakat bisa terus meningkat.

Tasmi Anak Asuh Penghafal Qu’ran

By ahlulquran on March 6, 2021 in Berita

Laznas AQL News – Alhamdulillah Anak asuh penghafal qur’an dari beberapa pesantren binaan Laznas AQL telah melaksanakan Tasmi Quran di bulan Februari ini.

Tasmi Quran dimulai dari 10 juz hingga 15 juz yang dilakukan di Pesantren AQC (Ar Rahman Quranic College) dan AQL Islamic School .

Tasmi Quran sendiri adalah salah satu bagian dari program yang ada yaitu, para penghafal (Al-Hafizh) membacakan Al-Qur’an di hadapan orang lain atau sekelompok orang untuk didengarkan atau disimak dengan seksama. Para penyimak biasanya akan segera mengoreksi bacaan-bacaan al-hafizh apabila ditemukan kekurangan atau kelebihan bacaan termasuk mengenai makharijul huruf dan hukum bacaan (tajwid)-nya.

Berikut adalah nama-nama anak asuh penghafal Al-qur’an yang telah menyelesaikan Tasmi Quran di bulan ini.

  • Muh Al Walid Dalimunthe, Semester II
    AQC – 15 Juz
  • Ayunisa Juliana Slamaa, Siswi Kelas XII
    AQLIS – 10 Juz
  • Sarah Muthmainnah, Siswi Kelas XI
    AQLIS – 10 Juz

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program Orangtua Asuh Penghafal Qur’an Laznas AQL yang bertujuan untuk mewujudkan “satu
keluarga, satu penghafal qur’an”.