Lika-Liku Relawan Laznas AQL Salurkan KAROMAH untuk Korban Gempa di Lumajang

Lika-Liku Relawan Laznas AQL Salurkan KAROMAH untuk Korban Gempa di Lumajang

By ahlulquran on April 20, 2021 in Berita

AQL Peduli, Lumajang – Laznas AQL menyalurkan bantuan Kado Ramadhan Berkah (KAROMAH) untuk korban gempa Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (17/4). Paket tersebut berisi bahan makanan untuk sahur dan buka puasa bagi korban. Selain itu, Laznas AQL memberikan 12 kardus kurma untuk menemani buka puasa para korban bencana.

“Kado Ramadan Berkah” merupakan paket sembako kepada dhuafa, anak yatim, pejuang dakwah dan masyarakat pascabencana. Paket tersebut diharapkan dapat membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup saat Ramadhan.

Menjalani hari di lokasi bencana bukan perkara mudah. Relawan Laznas AQL harus melawan terik matahari yang menembus ubun saat menyambangi para korban. Jalanan tak seperti aspal metropolitan, hanya berlapis bebatuan, itu pun kalua ada. Banyak jalanan masih tak beralas apa-apa. Lumpur memenuhi kaki saat hujan datang.

Tenaga terkuras, keringat mengalir, lelah menjelma dalam helaan nafas, langkah kaki tertatih dengan paket KAROMA di pundak. Namun begitu, relawan memiliki antusiasme tinggi. Enggan mengeluh meski berpeluh. Ada banyak kebaikan menanti di depan mata. Terlebih Ramadhan menjanjikan pahala berlipat ganda.

Di sisi korban pun demikian. Mereka lebih menderita. Entah berapa hari lagi mereka menjalani hari tak menentu. Menjalankan ibadah puasa membutuhkan perjuangan berlipat dibanding orang yang berada di daerah normal. Trauma sering datang tiba-tiba. Hujan membawa ketakutan akan longsor. Kala malam tiba, korban diterpa ketakutan akan gempa susulan.

“Kita tidur di luar rumah mas. Mau ke pengungsian, bagaimana nanti barang-barang berharga yang belum diselamatkan,” kata Pak Rosidin, salah satu korban gempa di Lumajang, Jawa Timur.

kondisi itu tentu sangat tidak bersahabat. Aktivitas mencari nafkah untuk keluarga pun terhambat. “Masih fokus bersiin reruntuhan rumah,” kata Pak Rosidin saat menjelaskan alasan belum berkativitas mencari nafkah untuk keluarganya.

Pak Rosidin tinggal Bersama empat keluarganya. Beban di pundaknya kian bertambah. Selain pandemi Covid-19 yang menghambat aktivitas ekonomi, dia harus memberikan ketenangan kepada keluarganya. Rumahnya pun rata dengan tanah. Roboh. Tak bisa direnovasi, harus dihancurkan lalu dibangun kembali.

Kondisi itu membuat Pak Rosidin sangat bersyukur saat mendapat paket KAROMA dari Laznas AQL. “Tak bisa dibahasakan lagi, kami doakan yang terbaik untuk kebaikan mas,” ucap dia lirih.

Kondisi demikian tak hanya dialami Pak Rosidin. Ada ribuan korban rumahnya sudah roboh. Mereka bertahan di tenda pengungsian, dan ada pula yang mendirikan tenda di bekas rumah mereka.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *